Perawatan harian burung pleci ngalas ala gue

Perawatan harian burung pleci ngalas ala gue
Perawatan harian burung pleci ngalas ala gue
 Perawatan harian sangatlah diperlukan bagi setiap pemelihara binatang kesayangan, tak terkecuali bagi pecinta pleci mania. Banyak sebagian pecinta perawat burung pleci salah langkah dalam hal perawatannya. Dan tidak sedikit dari mereka yang tidak sabar dalam pemeliharaannya, yang tidak jarang dari mereka berakhir dengan kecewa dan putus asa.

Pada dasarnya perawatan harian burung pleci tidak lah berbeda dengan burung peliharaan yang lainnya.

Pada dasarnya perawatan yang diperlukan hanya memberikan makan  dan minum serta memastikan kebersihan kandang burung saja. Namun jika ingin memperoleh hasil yang maksimal perawatan semacam itu masih kurang dan harus dibutuhkan perawatan yang ekstra dan sabar serta penuh kasih sayang biar hasil yang diperoleh lebih maksimal dan memuaskan.

Perawatan harian burung pleci ngalas  yang perlu kita lakukan

  • Pastikan burung yang kita pelihara adalah burung yang berjenis kelamin jantan(cara membedakan jenis kelamin pleci ). Karena ini akan berpengaruh pada suara dan ngalas yang ditimbulkan.
  • Seperti halnya seorang bayi yang biar cepet berjalan biasanya seorang ibu selalu menetah atau biasa disebut dengan di embunkan. Perlakuan dalam merawat burung pleci juga sama perlu adanya pengembunan untuk merangsang suara karena dari proses pengembunan  siklus pernapasan yang dihasilkan dalam tubuh kaya akan O2 (oksigen) ini berpengaruh pada nyaring dan panjangnya suara.
  • Pada saat pengembunan usahkan jauhkan burung dari burung lain. Hal ini supaya suara yang di keluarkan lebih nyaring. Karena siklus alami yang ditimbulkan burung jika saling berjauhan ia akan memanggil koloninya. Sehingga semakin jauh semakin keras suara yang ditimbulkan.
  • Usahakan proses pengembunan di bawah pohon yang rindang atau banyak daunya, biar embun dan oksigen yang terkandung lebih banyak dan lebih sejuk.
  • Lakukan penjemuran saat menginjak waktu dhuha atau sekitar pukul 8 pagi biar burung lebih nyaman dan hanyat serta bagus buat  tulang burung karena sinar matahari kaya akan Vit D.
  • Saat penjemuran jika mempunyai peliharaan banyak maka jejerkan perkoloni , sambil keluarkan  makanan dan minuman dari dalam kandangnya.
  • Sekitar pukul 9 mandikan burung dengan cara disemprot pakai semprotan burung. Ini bertujuan supaya burung pleci lebih jinak dan nurut sama pemiliknya, dan bulu biar halus. Usahakan selalu orang yang sama yang memandikan biar ikatan batin bisa terjalin.
  • Setelah burung selesai dimandikan biarkan bulunya kering dulu selama 1 jam. Setelah satu jam kira-kira jam 10 pindahkan burung dari tempat penjemuran yang lebih teduh , karena jam-jam segitu sinar matahari sudah mulai panas .
  • Gantungkan di tempat yang agak adem atau teduh dan berikan pakan ulat Hongkong coklat dan Voor biar badan lebih hangat jangan lupa berikan buah pisang. 
  • Gantung burung saling berjauhan hal ini biar burung bisa saling ber sautan saat mengeluarkan suaranya dan sekali gus untuk melatih suaranya.
Biasanya ritual diatas saya kerjakan sendiri setiap hari libur kerja , Namun kalo hari kerja saya dibantu oleh istri tercinta biar dia sayang juga sama burung saya wakk :).

Intinya Perawatan harian burung pleci ngalas itu dimuali saat fajar  diembunkan sampai di jemur dan dimandikan itu  selesai sekitar pukul 10 pagi. Lakukan ritual tersebut selama 3 bulan. Kalo telaten maka hasil yang didapat pasti tidak mengecewakan asalkan step-step diatas dijalankan dengan benar.Pleci anda pasti bisa jadi juara saat lomba

Hasil Perawatan harian burung pleci ngalas yang maksimal pasti disertai dengan usahanya yang maksimal juga. Proses yang dilakukan dengan ketekunan dan keiskhlasan serta kasih sayang pasti tidak akan terasa capek. Salam pleci mania

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perawatan harian burung pleci ngalas ala gue"

Post a Comment