Apa Manfaat Kerodong Bagi Pleci

Apa Manfaat Kerodong Bagi Pleci
Situasi pra lomba
Apa Manfaat Kerodong Bagi Pleci, apakah pertanyaan serupa pernah ditanyakan dalam benak para pleci mania. Jika hal serupa pernah sersirat atau terlintas dalam pikiran pleci mania, berarti anda merupakan salah satu pecinta pleci yang sesungguhnya. Karena hal sekecil ini ada mampu menangkapnya atau bahkan ada tidak peduli sama sekali alias tidak mau tahu manfaat atau kegunaan kerodong itu sendiri.

Kerodong atau ada yang menyebutnya slimut sangkar, atau klambu kandang. Apalah sebuah nama yang penting intinya sama yaitu penutu. Kerodong adalah sebuah kain penutu sangkar yang biasa digunakan untuk menyelimuti atau menutupi sangkar burung , supanya burung terhindar dari gangguan luar baik saat di gantungkan atau saat di pakai dalam perjalanan. Yang inti dan manfaatnya adalah untuk proteksi atau pelindung burung dari faktor ekternal.

Mungkin bagi pemain pecinta burung baik itu burung pleci atau burung yang lain jika dia merupakan pemain yang lama atau benar-benar pecinta burung, maka manfaatnya sudah pasti sangat dirasakan olehnya . Lain halnya bagi pecinta burung kambuhan atau musiman mungkin manfaat dan dampak kerodong kurang begitu diperlukan atau dirasakan.

Kerodong sendiri  selain dipakai sebagai proteksi burung dari gangguan luar, ternyata baru-baru ini kerodong dipakai oleh sebuah kalangan pecinta burung sebagai alat untuk mempromosikan komunitas atau klup yang mereka bikin, layaknya sebuah kaos yang dipakai oleh sebagian pecinta plecimania untuk mempromosikan keberadaan meraka. Ternyata burung walaupun tidak tercatat secara pasti, ternyata mampu untuk menarik perhatian seorang yang melihatnya. Hal ini terbukti jika ada even atau lomba-lomba clup cikau mania atau pleci mania atau pleci lover. Hampir semua pecinta burung memakai kerodong mereka untuk mempromosika keberadaan mereka. Bisa dikatakan sebagai alat identitas dari keberadaan mereka. Dan bahkan para pelaku bisnis pakan burung atau sejenisnya. Sering mengadakan promosi atau iklan melalui media alat tersebut. Wah ternyata selain untuk meproteksi burung ternyata mampu untuk sarana peng iklanan juga ya..ee

Manfaat Kerodong bagi burung pleci kesayangan


Proteksi cuaca atau iklim


Selayaknya manusia yang mebutuhkan selimut saat musim dingin tiba, ya kalau di indonesia musim hujan lah..gitu aja repot. Ternyata kerodong mampu menghanyatkan burung saat cuaca ektrim atau angin kencang. Dan ternyata ini mampu memberikan kenyamanan. Sehingga kondisi dan fisik burung tetap terjaga dan stabil.

Proteksi gangguan binatang luar.


Saat peralihan musim dari kemarau yang berkepanjangan tiba-tiba hujan, biasanya saat hujan berhenti kita banyak menjumpai laron atau toket bertebaran mencari tempat yang terang. Dan dari pengalaman teman seperjuangan dalam memelihara dan merawat burung seput saja Amer.  Malam setelah hujan turun rumah Amer penuh dengan laron dan toket maklum masih kampung. Dan intinya dia girang lumayan, bisa buat mancing laronya. Paginya alih - alih mau ngasih makan burung ternyata dia menjumpai burung kesayanganya sudah tidak bernapas alias is dead mati. Saat di teliti ternyata burung pleci kesayanganya makan seekor laron dan toket karena mulutnya masih menyisakan bulu laron tersebut. Dan alhasil dia sadar bahwa kerodong perlu digunakan untuk kondisi seperti ini. Buat rekan-rekan seperjuangan maka pelajaran tersebut bisa kita jadikan pelajaran berharga ya.. buat kita.


Proteksi  dalam perjalanan


Biasanya para pecinta burung saat ingin mengikuti lombanya dia selalu membawa sangkar dan burungnya. Dan perlu diketahui tidak jarang juga yang melakukanperjalanan luman jauh dari tempat tinggalnya. Bisa dibayangkan jika burung dan sangkarnya dibawa saat burung ini berada dalam sangkar dan dalam keadaan berkendara motor, bisa dipastikan saat dilokasi lomba burung pasti droup alias down mati juag bisa, karena ketakutan dan klabakan saat dalam perjalanan. Han inilah fungsinya kerodong untuk melindungi dari keadaan luar biar burung tidak melihat keadaan sekitar saat dalam perjalanan biar tidak ketakutan, dan kenyamanannya tetap terjaga. Fitalitasnya tetap fit dan di lokasipun bisa tampil prima. Melindungi burung dari hembusan angin yang agak kencang.

Proteksi dari gigitan nyamuk


Gigitan nyamuk dapat menyebabkan radang pembengkakan bahkan kematian, sedangkan untuk burung pentet, kacer dan murai batu yang di alam memakan serangga, maka penggunaan kerodong dapat menghindarkan burung memakan serangga berbahaya. Dan dapat memberikan  kenyamanan pada burung dimalam hari agar dapat beristirahat/tidur dengan tenang.

Proteksi saat mabung


Untuk memberi kehangatan dan kenyamanan waktu burung tersebut mabung ganti bulu. Sebab pada kondisi seperti ini biasanya burung dalam kondisi stamina yang kurang fit dan lemah

Proteksi  supaya burung tidak gembos


Untuk mencegah burung berhadapan langsung terus menerus dgn burung sejenis lainnya yang dikhawatirkan jika burung berhadapan terus menerus nantinya burung tsb akan gembos atau salah satu akan kalah mental

Sebagi esktetika atau keindahan.


Memperindah Kandang, jika kerodong yang digunakan bercorak dan berbahan Indah tentunya akan menambah keindahan sangkar yang di gantungkan di dalam rumah

Dasar pemilihan Kerodong 


Untuk pemilihan kerodong burung usahakan dengan menggunakna bahan yang tidak mudah berkibar jika terkena angin. Dan ukuran kerodong sesuai dengan ukuran sangkar tidak kebesaran atau kekecilan.

Tips pemilihan kerodong yang baik


Gunakan kerodong sesuai dengan keadaan dan kondisi musim, untuk musim hujan pilih yang berbahan tebal.
Gunakan untuk kerodong yang warna cenderung gelap  untuk burung yang masih muda dan giras. Gunakan kerodong transparan agar burung lebih jinak. Untuk Kerodong yang agak tembus cahaya / transparan membiasakan agar burung bisa dikerodong tapi namun tidak grabak-grubuk, untuk sementara jangan langsung dikerodong di tempat yg gelap, secara bertahap setelah sudah terbiasa dan tidak grabak-grubuk lagi, baru lah kita biasakan di tempat yg agak gelap.

Apa Manfaat Kerodong Bagi Pleci
Kerodong Putih

Bahan Dasar Kerodong.


Bahan kerodong dilihat dari bahan dasarnya :


1. Rayon

kain rayon ini dibuat dari bubur kertas ato pulp dan chemical pendukung, kain ini mempunyai ciri lentur(bisa mulur/mengkeret) cirinya :

Bahan ini menyerap air, jika dipakai akan berefek dingin, akan tetapi bahan ini mudah mengkerut dan mulur, sehingga bisa-bisa kerodong yang semula pas di kandang, seteleh dicuci berapa kali bisa seret/longgar.

Berefek dingin dan mudah menyerap suhu udara luar (hampir sama dengan kain katun), akan tetapi daya serap kain terhadap warna kurang bagus, sehingga jika kita membeli kain ini dengan motif tertentu, biasanya lebih mudah mbladus (jawa)/ lusuh.

2. Katun

dari asal kata cotton (kapas), kain ini dibuat dari serat tanaman kapas. kain yang menggunakan bahan dasar ini biasanya berefek dingin jika digunakan, dan ketebalannya pun bermacam-macam berdasar konstruksi kain dan ketebalan benang, ini juga yang menentukan rapat/renggangnya kain.
ciri kain ini :

Daya serap terhadap air tinggi, sehingga jika digunakan berefek dingin pada kandang sangkar.
Kain ini mempunyai kemampuan yang lebih bagus untuk menyesuaikan suhu di dalam dan luar kain, kita bisa merasakan suhu yang dirasakan burung (minimal mendekati), suhu panas luar akan mudah masuk dan begitu pula sebaliknya jika suhu turun maka suhu dalam akan segera turun mengikuti.
Rentan terhadap jamur, jadi kerodong yang berbahan ini, jika tempat kita cenderung lembab perlu perhatian terhadap perawatannya (rutincucijemur).

3.Polyester/tetoron

Kain polyester ini dibuat dari Purified Terephthalic Acid (PTA) yang dibuat menjadi Polyester Filament yang dikristalkan (biji plastik/plastic chip), dibentuk filament dan diplintir menjadi benang polyester, maka dari itu ciri bahan polyster ini :

Cenderung panas karena suhu yang diserap tidak langsung dilepaskan ketika suhu luar turun.
Lebih kedap air,ringan dan cepat kering, kalo kehujanan nampaknya luar basah tapi tidak banyak air yang masuk (ini juga tergantung kerapatan kainnya).

Strukturnya relatif padat sehingga mudah menahan angin, (aman digunakan untuk membawa burung dengan menggunakan motor).

Untuk kualitas tertentu (kurang bagus) karena bahan dasarnya serat plastik makan jika mendapat
panas cukup banyak akan mengeluarkan bau (ini perlu perhatian karena bisa mempengaruhi momongan kita).

Kalo kita ragu bahan kerodong kita terbuat dari bahan apa, salah satu cara termudah ialah dengan test Bakar Bulu , Yaitu dg cara ambil satu helai benang dari ujung kain lalu kita bakar dg korek api.
Benang dari jenis Cotton dan Viscose kalau dibakar nyala apinya akan lambat, dan sisa pembakarannya berupa abu, seperti kita bakar kertas.
Benang dari jenis Polyester kalau kita bakar nyala apinya akan cepat dan sisa pembakarannya seperti plastik.

Benang dari jenis TC dan TR kalau kita bakar sisa pembakarannya seperti arang/plastik tapi kalau kita remas akan jadi bubuk dan ada sedikit diujungnya sisa pembakarannya seperti abu kertas.
Ini adalah cara terpraktis yg bisa kita gunakan dg derajat ketepatan bisa sampai 95%.

Nah itu sedikit gambaran saja tentang manfaat kerodong bagi burung kesayangan kita. Selanjutnya kembali lagi ke sahabat pleci mania mau dipakai buat apa kerodong tersebut. Karena ini merupakan alat pendukung yang bisa dipakai buat kebutuhan kita. Yang jelas kanyamanan adalah faktor utama untuk meningkatkan fitalitas burung kita. Jangan sampai masalah sepele dapat berdampak serius atau merugikan kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Manfaat Kerodong Bagi Pleci"

Post a Comment