Tips mengetahui usia burung pleci

Tips mengetahui usia burung pleci

Mengetahui usaia burung peliharaan terutama pleci sangatlah penting, karena pada dasarnya setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalamai kematian jua.  Untuk itu jangan sampai, burung peliharaan yang kita sayangi sudah diambang usia batas waktunya. Karena tentunya kita tidak maukan , saat peliharaan yang kita senangi dan kita sayang tinggal menghitung hari. Atau burung yang kita pelihara yang baru kita beli dengan kocek yang lumayan, untuk mendapatkan burung yang instan, dengan suara yang merdu ternyata umurnya sudah diambang batas.

Tidak jarang para pecinta burung terutama burung pleci tidak mengatahui berapa usia, burung yang kita pelihara, terutama bagi pemain pemula yang pemeiharaanya dimulai dari pembelian masteran atau burung ombyokan dipasar, teknik untuk mengetahui inilah yang jarang diketahui. Yang menjadikan sebab mereka awam akan hal ini. Adapun tips untuk mengetahuinya sebagai berikut:

Tips mengetahui usia burung pleci

Dari bentuk fisiknya

Warna Bulu burung.

Warna bulu burung terutama burung yang mempunyai bulu halus dan indah ternyata dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi mereka yang melihatnya. Dan dari bentuk warna inilah kita dapat mengetahui usai burung tersebut, karena menurut pendapat para master burung pleci mania di daerah sekitar saya yang referensinya dari kampus pengalaman dan kebiasaan, dan sumbernya dari berbagai omongan atau kicauan pemiliknya mengatakan. Bahwa warna burung yang  relatif lebih cerah dan terang dan postur tubuh lebih ramping ini menandakan burung tersebut berusia relatif mudah.
Untuk itu bagi sebagian orang yang gemar mencari burung ombyokan di pasar carilah dengan warna yang muda dan terang.

Struktur blimbing kaki


Struktur kaki atau ada yang menyebutkan blimbing kaki, ada juga yang menyebutnya sisik atau medang. Ini ibarat pohon yang jika lingkar dalamnya semakin lebar maka sekain tua pohon tersebut. Nah hal ini hampir sama dengan kondisi burung pleci jika kaki terluhat sedikit basah tidak kering dan warna sedikit pudar atau tidak solid dan blimbing atau sisik masih terlihat samar itu menandakan burung tersebut relatif lebih muda dan cocok buat pemasteran.

Struktur Paruh burung

Selain paruh burung bisa menandakan bahwa burung tersbut mempunyai suara yang gacor atau relafif lebih panjang. Ternyata paruh dapat mengidentifikasi usia burung tersebut.Karena bahan yang berusia muda terlihat juga dari ujung paruh bagian bawah yang berwarna semburat puih. Sedangkan bahan yang sudah tua biasanya berwarnan coklat gelap kehitaman.

Fase mabung burung pleci

Fase atau tahapan mabung adalah wajar dari setiap burung terutama pleci untuk mengalami hal tersebut. Dan fasenya bervariasi ini tergantung dari polamakan dan tingkat kestresan burung tersebut. Sekain cepat stret dan pola makan yang tidak baik maka kondisi burung semakin menurun dan fase atau tahapan mabung semakin cepat. normalnya seekor burung pleci biaasanya bisa mengalami mabung 3 sampai 4 tahun sekali. artinya jika burung tersebut sudah mengalami fase mabung 4 atau 3 kali  maka busa dihitung umur burung antara  12 / 16 th . Dan untuk usia burung kacamata atau yang polulernya dengan seburtan burung pleci biasanya antara 14 - 20 th .Cara merawat pleci mabung

Dengan mengetahui bentuk dan usia burung peliharaan maka kita bisa prediksi daya tahan dan fitalitas burung tersebut. Sehingga perawatan yang dapat kita lakukan menjadi terkontrol dan terstruktur dari segala macam kemungkinan yang ada. Untuk menjadi seorang pecinta burung yang handal sangatlah penting untuk mengetahui usia dan fase burung. Hal ini untuk mempersiapakan generasi juara selanjutnya yang akan kita jadikan pengganti burung tersebut. Karena tidaklah abadi semua yang ada dimuka bumi ini.

Dan yang paling penting adalah setelah kita mengetahui hal tersebut kita sudah dapat memilih dan memilah mana burung yang akan kita jadikan untuk peliharaan kita untuk mengisi hobi kita ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips mengetahui usia burung pleci"

Post a Comment